Senin, 14 Agustus 2017

Belajar Mendesain Blog: Tak Kenal Henti untuk Berusaha



Oleh Lilih MUflihah

Tabik pun,

Awalnya saya membuat blog adalah agar bisa mempublikasikan tulisan-tulisan saya. Saya juga ingin blog saya menjadi media belajar menulis, gaya kan? Hehe… Dulu saya juga tidak mempersoalkan tentang penampilan blog, yang penting enak dilihat. Kemudian saat senggang saya mulai melihat-lihat blog milik orang lain. Saya cukup tertarik dengan penampilan blog-blog yang banyak hiasannya. Saya mulai mencari tahu bagaimana mereka bisa menghiasi blog-blog tersebut. Saya mencoba bagaimana agar blog saya ditaburi dengan hujan salju, bagaimana agar tulisan bisa berjalan, bagaimana agar tulisan di blog bisa berkelap kelip, bagaimana menyisipkan gambar, dan sebagainya. Kala itu saya memang punya lumayan banyak waktu untuk mencari tahu dan mencoba-coba menghiasi tampilan blog. Apalagi didukung dengan adanya warung internet dekat rumah. Hasil trial and eror saya lumayan berhasil, setidaknya saya merasa puas dengan tampilan blog saya.

Kemudian, aktivtas saya bertambah. Saya pun mulai jarang bahkan hampir tidak pernah menulis. Saya pun melupakan blog saya. Saat kembali disibukkan dengan aktivitas  menjelajahi dunia maya karena mencari referensi bahan tugas kuliah, ada rindu yang menghampiri untuk kembali berkunjung ke blog saya. Sempat kaget karena blog saya tak bisa dibuka. Mungkin karena terlalu lama ditinggalkan sehingga ketika saya membuka blog, malah blog yang tidak saya kenal yang muncul. Saya pun tergerak lagi untuk memperbaiki blog. Dengan cara yang sama, trial and eror.

Kesalahan saya saat mendesain blog adalah, saya tidak mencatat apa saja yang sudah saya lakukan saat mengotak-atik blog. Ini yang membuat saya harus mengulang mencari tahu lagi, trial and eror lagi  karena lupa, padahal sebelumnya sudah pernah saya lakukan. Sebenarnya jika panduannya masih ada di website tempat kita mencari tahu dulu masih ada, tidak masalah. Masalahnya jika kita membuka website yang pernah kita buka saat trial and eror, sudah tidak ada lagi. Saya juga belum pernah belajar dengan guru berkaitan dengan pembuatan tampilan blog. Sehingga pengetahuan saya hanya sebatas apa yang saya pikirkan. Oleh karena itu saat mba Naqiyyah Syam menawarkan kelas blog gratis, saya sangat antusias.

Di sela-sela aktivitas saya, saya bertekad untuk menyelesaikan tugas yang diberikan mba Naqi di Kelas Ngeblog Seru #2. Tugas pertama untuk menulis berhasil saya selesaikan. Saya menulis 3 Cara Mengatasi Masalah Kesehatan dan Keselamatan pada Anak. Ah, kalau hanya posting tulisan sih mudah ya. Alhamdulilah saya tidak lupa caranya. Nah, saat tugas kedua ini saya mulai pusing. Pada tugas kedua kami diminta untuk menuliskan tentang profil pribadi, menulis tentang pengalaman mendesain blog dan tugas untuk membuat header. Saya kembali dengan gaya lama trial and eror, padahal saya sudah berusaha mengikuti petunjuk yang diberikan. Saya sudah berusaha untuk melihat gaya profil dan header blog-blog yang menurut saya menarik, tapi saya tidak menemukan cara bagaimana melakukannya terutama mengedit gambar untuk header agar sesuai dengan blog. Saya pun menyerah dan tidak mengumpulkan tugas kedua padahal tulisan tentang profil pribadi sudah saya buat.


Tugas ketiga pun datang. Mba Naqi mulia galak. Hehe… saya pun kembali berusaha untuk semangat. Saya mengumpulkan kembali tekad saya yang tercerai berai. Saya harus bisa. Oke, nanti saya akan kembali menuliskan hasil usaha saya dalam mendesain blog pada tulisan berikutnya.

2 komentar:

  1. Oke mbaaak ditunggu tulisan selanjutnya

    BalasHapus
  2. Hahha mulai galak baru semangat ya Bu Dosen, ayo semangat Bu biar makin kece blognya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Beberapa hal yang perlu dketahui untuk Mencegah Stunting

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun, Pagi yang indah di hari Selasa, tanggal 12 September 2017, Direktorat Kemitraan Komunikasi K...