Langsung ke konten utama

Siomay Gabus

Oleh Lilih Muflihah

Seperti biasa, pagi hari adalah waktu paling sibuk bagi saya. Setiap pagi saya harus masak, menyiapkan bekal anak dan suami, memandikan si bungsu (kalau memandikan si sulung itu tugas abinya), serta mempersiapkan diri untuk pergi ke tempat kerja bersama anak dan suami. Seringkali meski sudah bangun sebelum subuh, ada saja hal-hal di luar dugaan yang menambah pekerjaan baru, seperti si sulung yang tiba-tiba menggelar semua mainannya, si bungsu yang bangun lebih awal dan mengajak main, atau duo kakak beradik itu kompak minta perhatian lebih, dan sebagainya.


Beberapa hari ini si bungsu sedang ada pada masa senang makan. Kemarin sempat nyari resep di mbah google tapi baca resepnya cuma sekilas, yah berhubung browsing di angkot. Hehe. Kebetulan di kulkas memang masih ada ikan gabus hasil mancing abinya, maksud hati pengen bikin somay tapi saya agak lupa resepnya. Dengan bekal nekat dan waktu yang semakin mepet. Terciptalah masakan yang ternyata enak dan si bungsu suka. Simak ya.

Bahan siomay gabus:
# 250 gr daging ikan gabus dikerok dari kulitnya (kalau saya kulitnya diiris tipis lalu dicampurkan ke adonan)
# 5 sendok makan terigu
# 3 sendok makan sagu tani
# 1 sendok makan maizena
# 2 siung bawang merah
# 1 siung bawang putih
# Garam secukupnya
# Lada secukupnya
# 2 butir telur ayam
# Labu siam yang kecil dipotong kecil-kecil

Cara membuat:
# Giling daging ikan beserta telur, bawang putih, bawang merah, garam dan lada sampai halus. Supaya mudah menggilingnya bisa ditambah air sedikit.
# Campurkan terigu, sagu, maizena, dan labu aduk sampai rata, uleni sebentar dengan tangan
# Masukkan ke dalam loyang. Kukus sampai matang.
# Setelah matang keluarkan dari loyang dan potong-potong. Siap disajikan dengan bumbu kacang, kecap, saus tomat atau sambal.

Eh ternyata si bungsu (1 tahun) suka sekali, dimakan langsung atau dikasih kuah sop, ibu saya juga bilang siomaynya enak. Wah senangnya. Selamat mencoba ya.

Baca juga ya resep lainnya. Gak kalah enak. Makanan itu gak perlu mahal yang penting halal, enak, dan bergizi. Coba deh resep Takoyaki Makaroni atau
Nugget Ikan Gabus



Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Pos populer dari blog ini

KUE STIK KEJU

Bahan-bahan:
 4 butir telur
 500 gr tepung ketan
 Garam secukupnya
 1 bungkus kaldu ayam bubuk
 50 gr keju parut
 25 gr margarin
 2 sdm air

Cara membuatnya:
1. Kocok telur hingga mengembang
2. Campurkan tepung ketan, kaldu bubuk, garam, dan keju, aduk rata. Masukkan dalam telur, tambahkan margarin dan air, uleni hingga kalis.
3. Giling adonan lalu potong memanjang sebesar batang korek api
4. Masukkan dalam minyak dingin dan lakukan pada semua adonan. Goreng hingga kekuningan dan matang, angkat kemudian tiriskan.

Kalau di rumah lagi sendirian dan ngerasa bosan, gak ada salahnya main ke dapur, nyoba buat kudapan. Nah stik keju ini enak banget, buatnya juga mudah. Iseng-iseng aja. Tapi hati-hati ya buat yang punya masalah berat badan cz dijamin ketagihan, lagi dan lagi.

Mengenang Kembali Telepon Umum

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat. Dulu, bahkan sangat jarang orang memiliki telepon rumah karena begitu mahal. Di awal munculnya telepon genggam pun, perlu merogoh kantong lebih dalam untuk membelinya. Modelnya kala itu biasa saja tapi sekarang jangan ditanya. Berbagai merk dan model banyak di pasaran. Hari ini beli model baru, tak lama kemudian hadir model yang lebih keren dan canggih.

Ada Kopi, Lomba, dan Keseruan di Lampung Coffee Festival 2016

Setiap hari saya selalu menyuguhkan kopi untuk suami tercinta. Aroma kopi memang tak ada duanya. Kopi di pagi hari menyegarkan tubuh, kopi di siang hari menghilangkan kantuk, kopi di malam hari menghangatkan.