Jumat, 28 Oktober 2016

Siomay Gabus

Oleh Lilih Muflihah

Seperti biasa, pagi hari adalah waktu paling sibuk bagi saya. Setiap pagi saya harus masak, menyiapkan bekal anak dan suami, memandikan si bungsu (kalau memandikan si sulung itu tugas abinya), serta mempersiapkan diri untuk pergi ke tempat kerja bersama anak dan suami. Seringkali meski sudah bangun sebelum subuh, ada saja hal-hal di luar dugaan yang menambah pekerjaan baru, seperti si sulung yang tiba-tiba menggelar semua mainannya, si bungsu yang bangun lebih awal dan mengajak main, atau duo kakak beradik itu kompak minta perhatian lebih, dan sebagainya.


Beberapa hari ini si bungsu sedang ada pada masa senang makan. Kemarin sempat nyari resep di mbah google tapi baca resepnya cuma sekilas, yah berhubung browsing di angkot. Hehe. Kebetulan di kulkas memang masih ada ikan gabus hasil mancing abinya, maksud hati pengen bikin somay tapi saya agak lupa resepnya. Dengan bekal nekat dan waktu yang semakin mepet. Terciptalah masakan yang ternyata enak dan si bungsu suka. Simak ya.

Bahan siomay gabus:
# 250 gr daging ikan gabus dikerok dari kulitnya (kalau saya kulitnya diiris tipis lalu dicampurkan ke adonan)
# 5 sendok makan terigu
# 3 sendok makan sagu tani
# 1 sendok makan maizena
# 2 siung bawang merah
# 1 siung bawang putih
# Garam secukupnya
# Lada secukupnya
# 2 butir telur ayam
# Labu siam yang kecil dipotong kecil-kecil

Cara membuat:
# Giling daging ikan beserta telur, bawang putih, bawang merah, garam dan lada sampai halus. Supaya mudah menggilingnya bisa ditambah air sedikit.
# Campurkan terigu, sagu, maizena, dan labu aduk sampai rata, uleni sebentar dengan tangan
# Masukkan ke dalam loyang. Kukus sampai matang.
# Setelah matang keluarkan dari loyang dan potong-potong. Siap disajikan dengan bumbu kacang, kecap, saus tomat atau sambal.

Eh ternyata si bungsu (1 tahun) suka sekali, dimakan langsung atau dikasih kuah sop, ibu saya juga bilang siomaynya enak. Wah senangnya. Selamat mencoba ya.

Baca juga ya resep lainnya. Gak kalah enak. Makanan itu gak perlu mahal yang penting halal, enak, dan bergizi. Coba deh resep Takoyaki Makaroni atau
Nugget Ikan Gabus



14 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Beberapa hal yang perlu dketahui untuk Mencegah Stunting

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun, Pagi yang indah di hari Selasa, tanggal 12 September 2017, Direktorat Kemitraan Komunikasi K...