Kamis, 15 September 2016

7 Cara Menjadi Mahasiswa Kece

Ingin rasanya menjadi mahasiswa lagi saat melihat sekelompok mahasiswa baru berjalan bersama dengan memakai pakaian putih hitam dengan jas almamater. Bangga pastinya menyandang status mahasiswa, apalagi jika menjadi mahasiswa di universitas yang diharapkan.

Saya punya beberapa kiat nih untuk mahasiswa baru, biar tambah kece badai, cetar, dan gak jadi mahasiswa abadi. Simak ya.

1. Mantapkan niat bulatkan tekad
    Bagaimanapun sudah terlanjur basah ya sudah berenang sekalian. Kenyataan harus diterima. Apapun pilihannya pasti ada konsekuensinya. Gak penting lagi apakah pilihan pertama, kedua atau ketiga. Mulailah mantapkan hati. Langkah pertama harus mantap agar langkah selanjutnya menjadi mudah.

2. Tulis impian
    Alangkah senangnya menjadi mahasiswa, apalagi diterima di jurusan yang diinginkan tetapi janganlah dibuat lengah. Tulis apa saja yang ingin dicapai saat kuliah, berapa IPK yang ingin didapat, berapa lama akan kuliah, dsb.

3. Buat strategi
    Jika sudah menuliskan harapan selama kuliah, buat juga strategi agar harapan itu tercapai. Jika ingin segera menyandang gelar sarjana, mulailah merancang cara strategi yang jitu. Misalnya dahulukan mata kuliah wajib, pilih mata kuliah pilihan yang berpeluang besar dapat nilai bagus, segera mungkin cari topik permasalahan untuk skripsi, dan sebagainya. Nah skripsi atau tugas akhir perlu dipikirkan dari sekarang karena beberapa mahasiswa gagal yang akhirnya drop out karena tak kunjung menyelesaikan skripsinya.

4. Gunakan waktu dengan baik
    Berhati-hatilah dengan waktu. Pandailah membagi waktu antara kuliah dan kegiatan non kuliah seperti nonton, berkumpul bersama teman, ikut kegiatan mahasiswa, kerja paruh waktu, dsb. Terkadang kegiatan non kuliah itu lebih menarik perhatian dan bisa membuat lupa pada kewajiban kuliah.

5. Ikut kegiatan mahasiswa
    Menjadi mahasiswa tak melulu hanya kuliah. Ikuti juga kegiatan mahasiswa, banyak sekali kegiatan yang ditawarkan, ada organisasi mahasiswa intra kampus, ada yang ekstra kampus. Pilihlah organisasi yang sesuai minat dan keyakinan. Oia perlu juga mencari tahu organisasi yang akan diikuti agar tidak terjebak dalam lingkungan yang kurang baik.

6. Gali info dari kakak tingkat
    Saat orientasi mahasiswa, banyak kakak tingkat yang ikut menjadi panitia. Nah di sanalah kita bisa menilai, manakah kakak tingkat yang enak diajak diskusi. Dekati dan gali info dari kakak tingkat sebanyak-banyaknya. Siapa tahu juga dapat lungsuran buku, kan lumayan.

7. Kenali karakter dosen
    Nah mengenali karakter dosen tak kalah penting untuk mempermudah interaksi. Ada dosen yang baik hati, ada yang pemarah, ada yang gaul, ada yang cuek, dsb. Perlu juga cari tahu apakah dosen itu mau dihubungi melalui sms atau telepon, apakah boleh berkunjung ke rumahnya untuk konsultasi atau tidak, bagaimana cara menyusun kalimat saat berkirim sms atau email, dsb.

Nah itulah 7 cara menjadi mahasiswa kece. Selamat menuntut ilmu dan semoga sukses.

9 komentar:

  1. Makin kece dengan rajin ibadah, rajin belajar, dan menjauhi pergaulan bebas :)

    BalasHapus
  2. Kalau jadi suami kece gimana hehehe

    BalasHapus
  3. Gue udah kece ... dari lahir. 😂

    BalasHapus
  4. @Jumanto: ayo ditulis tips jadi suami kece. hehe

    BalasHapus
  5. @vinny martina: asyiiik. kece badai

    BalasHapus
  6. Gue di lahirkan dari kekecean :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Memilih Ayam kampung yang Halal dan Baik

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun,  Dunia sudah semakin mudah. Dulu bingung jika tidak bisa berkendara, jadi bergantung dengan ora...