Senin, 29 Agustus 2016

Ketika Anak Tak Ada Selera Makan

Rasanya bingung sekali jika anak tak mau makan, apalagi kalau sampai ikut gerakan tutup mulut. Lihat penampakan makanan saja sudah melengos. Haduh duh duh bagaimana ini?


Selama ini, Muhammad termasuk kategori anak yang tidak sulit makan. Sejak umur 6 bulan, dia mudah disuapi makanan kecuali saat sakit. Namun ketika mulai kenal ragam makanan, dia mulai memilih makanan.

Banyak tips untuk mengatasi anak malas makan dari berbagai versi, salah satunya dengan memberikan tampilan makanan yang menarik. Tapi bagi Muhammad, penampilan hanya sukses untuk membangkitkan selera makan sekejap. Pernah saat dia tak mau makan, dibelikan roti yang cantik sekali tampilannya, bentuknya seperti angsa. Awalnya dia sangat tertarik tapi setelah mencicipi, dilepehnya. Penampilan memang penting tapi rasa adalah yang utama. Sepertinya begitu.

Sebagai ibu, kita harus selalu sabar dan bijaksana dalam menghadapi anak. Ketika anak sudah kenal selera, dia sudah mulai bisa menentukan mana makanan yang mau dia makan. Nah, ketika Muhammad enggan makan biasanya saya akan mulai memastikan kesehatannya. Anak yang aktif terkadang tidak menampakkan jika badannya tidak fit. Dia akan terus bergerak ke sana kemari seperti biasanya, tidak terlihat lesu. Kitalah yang harus mengeceknya, jika perlu datang memeriksakan kesehatan di bidan atau dokter.

Selain sakit, pemicu Muhammad malas makan adalah bosan.  Banyak resep yang bertebaran di internet yang bisa dicoba dan saya lebih memilih resep baru yang bahannya mudah didapat dan cara membuatnya mudah.

Namun hilangnya selera makan bisa saja karena rindu makanan kesukaan. Kalau Muhammad sedang malas makan, saya suka memasak makanan kesukaannya. Muhammad sangat suka pindang ikan patin yang tidak pedas dengan kuah berbumbu lengkap. Muhammad juga suka bakso, somay, nugget.

Jika masakan saya tidak mempan membuat Muhammad mau makan, saya dan suami mengajaknya makan bersama di rumah makan tapi tetap berusaha untuk tidak berkunjung ke restoran cepat saji. Selain bisa mengakibatkan keinginan anak kembali ke restoran itu lagi sehingga menipiskan dompet orangtuanya, makanan cepat saji kurang baik untuk kesehatan.

Ah, senangnya melihat anak kita lahap makan tapi jangan lupa berikan selalu makanan yang halal dan baik dari uang yang halal juga tentunya.

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Memilih Ayam kampung yang Halal dan Baik

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun,  Dunia sudah semakin mudah. Dulu bingung jika tidak bisa berkendara, jadi bergantung dengan ora...