Kamis, 09 Juli 2009

hicks.hicks

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pergantian kepemimpinan merupakan suatu keharusan dalam sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, yang bertujuan agar tidak terjadinya tirani kekuasaan. Pergantian kepemimpinan ini sering disebut dengan pemilihan umum (Pemilu). Di Indonesia, Pemilu selain dilaksanakan untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di DPR, DPRD, dan DPD juga dilaksanakan untuk memilih presiden dan wakil presiden. Pemilu 2004 merupakan awal pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung yang sebelumnya, pemilihan presiden diadakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dalam pemilihan tersebut calon presiden dan wakil presiden calon presiden dan calon wakil presiden merupakan satu paket kandidat yang diusung oleh suatu partai ataupun gabungan dari beberapa partai yang berkomitmen dalam suatu bentuk koalisi. Koalisi tersebut terjadi karena kesamaan ide, pemikiran, cita-cita atau hanya sekedar karena pragmatisme kekuasaan, bahkan ada anggapan bahwa dalam politik tidak ada teman abadi, yang ada adalah kepentingan abadi.

Pemilihan secara langsung yang melibatkan partisipasi rakyat secara langsung sangat membutuhkan strategi yang jitu untuk merebut hati rakyat. Dalam proses pemilihan tersebut ada suatu kesempatan yang diberikan kepada para kandidat untuk mengadakan kampanye, memersuasi rakyat untuk memilih. Berbeda dengan kampanye politik yang bisa dilakukan kapan saja dengan jangka waktu yang tidak ditentukan, kampanye dalam proses suatu pemilihan atau kampanye Pemilu memiliki keterbatasan waktu dan terikat aturan-aturan tertentu selama masa kampanye tersebut. Dana yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Usaha-usaha yang dilakukan sangat menentukan kemenangan karena kontestan yang meraih suara terbanyaklah yang akan memenangkan perebutan kekuasaan. Politik dan persaingan memang tidak dapat dipisahkan namun kekuasaan tersebut merupakan sarana dan alat untuk mewujudkan cita-cita politik bukan menjadikan kekuasaan sebagai tujuan atau cita-cita politik.
bersambung....

2 komentar:

  1. ini ya yg namanya pendahuluan tesis?

    BalasHapus
  2. gak usah ngejek deh. yah maklum aja kurang cerdas.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Memilih Ayam kampung yang Halal dan Baik

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun,  Dunia sudah semakin mudah. Dulu bingung jika tidak bisa berkendara, jadi bergantung dengan ora...