Jumat, 17 Oktober 2008

Kala Cinta Menggoda


X: Aku mungkin masa lalu kau yang tak ada di masa kini, aku juga tak berharap kau menjadi masa depanku tapi apakah kita akan seperti ini terjebak dalam kesunyian, dingin kaku, dan terdiam. Ketahuilah bahwa kau telah membuatku sakit.
Y: Sungguh bukan maksud hati untuk menyakitimu hanya biarkan kuncup mekar jadi bunga. Jika nanti pemiliknya menakdirkan diri ini untuk memetiknya, maka kan kusunting dikau.

Rangkaian kalimat di atas merupakan petikan pesan yang dikirim oleh seorang cewek dan seorang cowok melalui fasilitas SMS. Apa yang telintas dalam fikiran kamu ketika membaca petikan SMS di atas? Konon kabarnya, kedua orang tersebut saling berharap cinta tapi sama-sama belum berani memperjelas perasaan masing-masing.

X merupakan seorang cewek yang memiliki perasaan yang istimewa terhadap Y meski sebenarnya masih ragu akan perasaannya. Ia sangat menginginkan Y namun disaat yang bersamaan dia ragu akan perasaan Y terhadapnya. Sedangkan Y adalah seorang cowok yang memang juga memiliki rasa yang mendalam terhadap X namun dia tidak berani mengungkapkan perasaannya itu secara langsung mengingat konsekuensi yang akan ditanggungnya. Y belum punya modal apa-apa, baik mental maupun materi untuk memiliki X namun Y mencoba bermain api dan X terbakar oleh apinya.

Kasus di atas ternyata dialami banyak orang. Memang bukanlah suatu kesalahan jika kita sebagai manusia yang normal memiliki perasaan yang khusus terhadap lawan jenis namun keputusan untuk ditampakkan atau disembunyikan pada akhirnya tergantung dari masing-masing individu. Mungkin kebanyakan dari cewek sangat peka terhadap perasaannya, jika ada cowok yang mulai memperhatikan dan memperlakukannya lebih daripada yang lain, rasa suka itu akan memenuhi ruang hatinya sedikit demi sedikit dan dia akan menunggu reaksi selanjutnya dari sang pujaan hati dengan menyimpannya rapat-rapat, mungkin jika punya keberanian lebih ia akan tampakkan sedikit lewat sinyal bahasa tubuh dan sikap yang lebih istimewa. Sikap ini lebih banyak dilakukan karena sangat jarang bagi cewek untuk berani menungkapkan perasaannya secara langsung dan dia hanya bisa berharap ada hasil yang indah dari sikap menunggunya itu. Sedangkan mungkin kebanyakan cowok selalu mencari dan ingin diperhatikan secara khusus oleh lawan jenisnya meskipun harus terjebak dalam hubungan tanpa status, dibilang pacar bukan tapi lebih dari sekedar teman. Biasanya cowok akan cepat tertarik pada cewek karena fisiknya, cantik, tinggi, putih, dan langsing, seperti yang sering disuguhkan lewat iklan-iklan di televisi. Terkadang cowok tanpa sadar memberikan perhatian khusus meskipun sebenarnya ia tidak memiliki perasaan khusus terhadap lawan jenisnya dan jika ia memiliki perasaan khusus itu tapi belum mampu untuk berkomitmen, dia akan menggantungkan cintanya dengan terus memberikan harapan terhadap targetnya.

Tidaklah adil jika hanya menyalahkan satu pihak karena kala cinta menggoda, semua akan terasa indah namun keindahan itu akan menjadi kehancuran saat harapan tak kunjung jadi kenyataan. Berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang cewek, kebanyakan dari mereka berada dalam posisi yang tersakiti saat situasi X dan Y terjadi. Mereka berharap dan terus menunggu, kesetiaan mereka terhadap perasaan itu terus dijaga namun ternyata pujaannnya meniru Columbus, menemukan Amerika padahal tujuannya adalah India dan India pun akhirnya tak pernah tersentuh Columbus. Nah, menurut Burhan Sodiq hal menyedihkan dalam hidup ialah bila bertemu seseorang lalu jatuh cinta, hanya kemudian pada akhirnya menyadari bahwa dia bukanlah jodohmu dan kau telah menyia-nyiakan bertahun-tahun untuk seseorang yang tidak layak. Kalau sekarang pun dia sudah tidak layak, 10 tahun dari sekarang pun dia juga tidak akan layak. Biarkan dia pergi...lupakan!

Perasaan cinta wajar adanya namun sebagai seorang manusia yang beriman, cewek dan cowok, sudah seharusnya untuk bersikap hati-hati, jangan pernah mempermainkan perasaan sendiri apalagi perasaan orang lain. Kalau belum mampu menikah jangan deh bermain api. Dengan tidak cepat berkesimpulan atas perhatian khusus yang ditujukan pada kita sebelum ada kejelasan dan tidak pernah mau terombang-ambing oleh ketidakpastian cinta, maka kita akan lebih bijaksana kala cinta menggoda. Jika cinta menggoda begitu dahsyatnya namun belum sanggup berkomitmen, banyaklah istighfar, banyak beraktifitas yang positif, puasa, olahraga, dan tidak memberikan waktu untuk melamun akan cukup membantu. Sesungguhnya apa yang kita lakukan adalah pilihan kita dan setiap pilihan akan ada konsekuensinya. Berhentilah mengotori hati kita karena sesungguhnya cinta sejati adalah cinta Illahi.

Ini ada untaian kalimat doa yang indah yang saya kutip dari buku Ya Allah Aku Jatuh Cinta karangan Burhan Sodiq.

Ya Allah Aku Jatuh Cinta

Ya Allah, yang membolak-balikkan hati kami...
Selama ini aku tak pernah tahu
bagaimana rasanya mencinta
Namun, aku berharap
bila cinta hadir menyapaku
aku tidak akan kehilangan Engkau

Ya Allah, selama ini aku berharap
Semoga bisa mencintai
Orang yang memiliki cinta yang luar biasa kepada-Mu

Ya Allah, selama ini aku berharap
Semoga bisa dicintai
Oleh orang yang bisa mengarahkanku
Menuju keridhaan-Mu

Pintaku ya Allah,
Ijinkan aku memiliki rasa ini
Hingga ia menjadi indah di dada kami
Tanpa mengurangi rasa cinta kami kepada-Mu

4 komentar:

  1. wah dasar ikhwan-nya aja yg kurang pede...

    BalasHapus
  2. hehe...
    memeang cinta gak bakal abis untuk ditulis dan dibahas.
    ya, menurutku bener juga si kalo sang cewek yang akan tersakiti. tapi cewek kan paling bisa untuk menyembunyikan perasaannya, hehe...

    BalasHapus
  3. Nice article. Mungkin bisa direferensi silang juga dengan tulisan Butir-Butir Cinta yang saya tulis beberapa waktu lalu.

    BalasHapus
  4. He..he lagi jatuh cinta nih, tapi yach wajarlah... tapi kata Sahabat Rosul Ali Bin Abi Thalib, Mencintai bukan apa2 dicintai baru sesuatu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak.

Memilih Ayam kampung yang Halal dan Baik

Oleh Lilih Muflihah Tabik pun,  Dunia sudah semakin mudah. Dulu bingung jika tidak bisa berkendara, jadi bergantung dengan ora...